Jika biasanya sehari-hari anak belajar di sekolah, tentu akan ada beberapa perubahan saat ia harus belajar di rumah. Tapi ternyata semua itu dapat dikondisikan agar anak tetap dapat belajar dengan fokus dan disiplin meski ia belajar dari rumah.

Ini dia beberapa tipsnya, dari Indonesiaone :

1. Buatlah jadwal yang teratur.

Jadwal yang teratur akan membantu anak memiliki pola belajar yang teratur.Bagi orangtua, bantulah anak membuat jadwal belajar sehingga Ia akan tahu kapan waktunya untuk belajar, kapan waktunya untuk beristirahat dan kapan waktunya untuk bermain.

Selain itu, usahakan agar anak dapat mematuhi jadwal tersebut. Begitu juga anggota keluarga yang lain, jangan mengajak si anak bermain saat jam belajarnya. Dengan jadwal yang tersusun dan dipatuhi dengan baik, maka anak akan memiliki pola belajar dan rutinitas yang teratur.

2.  Mengatur ruang belajar.

Ciptakanlah ruang belajar yang kondusif untuk anak. Meja belajar yang berantakan dan penuh dengan barang akan membuat anak sulit fokus belajar. Jauhkan mainan dan barang-barang dari pandangan anak saat ia belajar agar perhatiannya tidak teralihkan, dan usahakan jangan belajar di tempat tidur karena anak akan cenderung tidur-tiduran dan tidak fokus belajar.

3. Ciptakan kondisi yang tenang.

Tingkat konsentrasi belajar anak dapat ditingkatkan dengan situasi dan kondisi rumah yang mendukung. Suasana yang tenang dan tidak berisik akan membantunya fokus dengan pelajarannya. Maka dari itu hindari menyetel TV atau musik dengan terlalu keras agar anak tidak teralihkan olehnya.

4. Kerjakan tugas satu demi satu.

Saat belajar di rumah, terkadang anak kebingungan dengan sejumlah tugas yang harus dikerjakan atau dipelajari dan akhirnya justru semua tugasnya tidak terselesaikan dengan sempurna.

Orangtua dapat berperan mendampingi anak menentukan skala prioritasnya dalam mengerjakan tugas. Sebaiknya anak dibimbing untuk mengerjakan tugas yang lebih mudah atau tugas yang menyenangkan terlebih dahulu, agar anak lebih semangat dalam belajar. Setelah satu tugas selesai, barulah menyelesaikan tugas yang berikutnya.

Nah itulah beberapa tipsnya dari Indonesiaone, selamat mencoba…

Leave a Comment

Quiver Center Academy will prepare the next generation of leaders who will take responsibility for repairing the ruins and revealing the destiny of this nation. Therefore, QCA will take on the role as a catalyst to this nation, to bring a new future of prosperity and peace

Subscribe to Our Article

Quiver Center Academy Team © 2020. All rights reserved.

× Informasi lebih lanjut