Siapa yang merasa tidak senang ketika dipuji dan dihargai oleh orang lain? Pasti semua kita akan menjawab : saya senang sekali jika ada yang memuji saya.

Semua kita yang sudah melewati masa sekolah, pasti masih ingat ketika ada teman atau guru memuji kita atau memberikan apresiasi mereka, saat itu perasaan kita langsung terbang melayang sepertinya baju menjadi sempit dan berjalan tidak menapak, hati rasanya penuh dengan rasa bahagia. Semua kerja keras dan jerih lelah yang dilakukan tergantikan hanya dengan satu kata pujian sederhana yang kita terima. Dan kita menjadi ingin melakukan pekerjaan kita dengan lebih baik lagi. Artinya sebuah penghargaan, apresiasi dan pujian dapat berdampak yang sangat positif dalam kehidupan seseorang.

Carol Dweck seorang Profesor Psikologi, juga Lewis dan Viginia Eaton dari Universitas Standford dalam penelitian mereka menyatakan bahwa memang pujian dapat berdampak positif, namun mereka juga memberikan peringatan bahwa ada dampak negatif dapat muncul saat pujian dan penghargaan ketika diberikan hanya berdasarkan hasil akhir atau nilai akhir yang diperoleh.

Mereka berkata hal ini justru dapat membuat seorang anak menjadi cepat puas hati, lalu enggan untuk melakukan yang lebih lagi. Mereka mengingatkan untuk meberikan pujian dan penghargaan atas usaha yang diperlihatkan dan proses yang dijalankan saat mengerjakan tugas mereka.

Mari kita melihat dampak positif sebuah pujian dan penghargaan(apresiasi):

1. Membangun rasa percaya diri.
Rasa percaya diri otomatis akan tumbuh ketika seseorang dapat melihat dia mampu untuk melakukan tugasnya dengan baik dan benar.

2. Menciptakan puas yang terdalam di dalam perasaan(batin).
Sense of achievement atau perasaan bahwa ada pencapaian yang aku raih ketika aku berusaha, otomatis meninggalkan perasaan puas, bahagia, dan nyaman baginya.

3. Mendorong motivasi untuk meningkatkan kreatifitasnya lebih lagi.
Kreatifitas yang dihargai apapun hasil yang ditunjukkan, pasti memotivasi anak untuk berani mencoba hal yang baru lainnya.

4. Membangun pribadi yang gigih dan tidak mudah menyerah.
Dengan apresiasi yang diberikan saat seseorang berani mencoba dan alami kesulitan bahkan kegagalan, maka dia akan melihat kegagalannya sebagai bagian dari kehidupan yang harus dihadapi dan mau untuk mencoba untuk melakukan hal yang sama sampai berhasil.

Tips cara memberikan pujian dan penghargaan yang bisa kita praktekkan :

• “Wah, akhirnya kamu bisa mengendarai sepeda sendiri ya sekarang. Semua itu karena kamu rajin berlatih setiap hari. Ibu bangga padamu, nak!”

• “Wah, gambarmu bagus ya. Bapak suka melihat keberanianmu bereksperimen dengan berbagai macam warna sehingga menghasilkan gambar yang indah.”

• “Tidak apa-apa kalau kamu belum mendapat nilai bagus di tes Bahasa Inggris. Ibu bisa melihat kamu terus berusaha dan melakukan yang terbaik. Jika kamu bisa di tes matematika pasti ketika kamu terus berusaha di pelajaran bhs Inggris pasti kamu bisa.”

• “Bapa sangat senang kamu berusaha untuk mengerti mata pelajaran IPS, jika kamu belum paham, terus pelajari sampai kamu paham dan kamu harus berani bertanya kepada teman atau guru agar dapat dijelaskannya kepadamu.”

• “Mungkin kamu belum menghasilkan lukisan terbaik dengan satu kali latihan. Teruslah berlatih. Semakin sering kamu melukis, pasti kamu dapat menjadi pelukis yang handal.”

Jadi berilah pujian dan penghargaan saat seorang anak atau seseorang melakukan proses, jadi bukan terhadap hasil akhir. Karena ketika proses yang mereka lakukan sudah akurat, pasti hasilnya akan memuaskan.

Puji saat anak yang kita didik berani mencoba dan alami kegagalan, berikan apresiasi justru disaat mereka merasa terpuruk, dan bantu mereka melihat bahwa semua proses yang harus dialami adalah hal yang baik dan membuat mereka menjadi orang yang tangguh.

1 Comment

  • Maria
    Posted May 18, 2020 5:24 pm 0Likes

    Dari informasi diatas, saya melihat sebuah puji harus disertai sebuah alasan. Supaya si anak langsung merasa hebat, tp anak mengerti mengapa dia berhasil dibidang A dan dapat pujian. Sangat menambahkan pengertian saya, thx you QCA

Leave a Comment

Quiver Center Academy will prepare the next generation of leaders who will take responsibility for repairing the ruins and revealing the destiny of this nation. Therefore, QCA will take on the role as a catalyst to this nation, to bring a new future of prosperity and peace

Subscribe to Our Article

Quiver Center Academy Team © 2020. All rights reserved.

× Informasi lebih lanjut