Dear Parents,

Salam Jumpa lagi… para tokoh utama dalam pendidikan! Pasti semua dalam kondisi yang luar biasa. Karena memang orang tua adalah tokoh utama dalam pendidikan seperti yang Ms. Helen Ongko paparkan dalam pertemuan Parents Meeting kita pada tanggal 24 Oktober 2020.

Mendengar apa yang dikatakan Ibu Helen Ongko membuat saya bertambah semangat untuk terus mendukung para orang tua agar tetap berkobar-kobar dalam mendampingi dan mendidik anak-anak karena mereka adalah harta yang sangat berharga yang Tuhan titipkan.

Satu hal yang membekas kuat dalam batin saya adalah pernyataan beliau, tentang pentingnya mengajarkan perintah Tuhan berulang-ulang kepada anak-anak kita dan membicarakannya dimanapun kita berada (Ulangan 6:7).

Pertanyaannya adalah apakah ada cara yang menyenangkan untuk kita mengajarkan perintah Tuhan dan prinsip kebenaran secara berulang-ulang?

Di edisi kali ini saya akan mengulas bagaimana menyanyikan sebagai salah satu sarana yang menyenangkan dalam mempelajari prinsip kebenaran secara berulang-ulang.

Ayo Bernyanyi dan Berdendang

Siapa yang tidak suka bernyanyi? Rasanya hampir semua orang suka bernyanyi.

Memang ada yang memilki suara sangat bagus tapi yang memiliki suara pas-pasan banyak juga yang gemar berdendang. Mengapa banyak orang yang suka menyanyi? Apa yang sebenarnya yang terjadi ketika sedang bernyanyi?

Menurut Elisabeth Marsaulina Matodang dalam jurnalnya menuliskan bahwa menyanyi dapat memberikan kepuasan, kegembiraan, dan kebahagiaan. Saat kita puas, gembira dan bahagia pasti ketika melakukan aktifitas sehari-hari semua terasa lebih ringan. Hal itu terjadi karena emosi positif yang terbangun di dalam diri kita menjadi sumber dorongan kuat untuk kita dapat bekerja dengan maksimal dan tanpa perasaan terbeban.

Menyanyi adalah dunianya anak-anak. Melalui bernyanyi mereka dapat mengungkapkan emosi, perasaan, juga pikiran melalui nada dan irama yang merangsang kerja otak mereka secara lebih maksimal. Saya teringat masa kecil saya dulu dimana saya lebih mudah mengingat hal-hal yang diajarkan kepada saya, prinsip kebenaran bahkan mata pelajaran yang juga disampaikan dengan bernyanyi. Bahkan sampai sekarang pelajaran yang dinyanyikan itu masih terekam dalam memori sehingga seringkali otomatis saya menyanyikannya.

Contoh lagu masa kecil

SI SEMUT Si semut yang kecil buat apakah kamu waktu musim panas kumpul rejeki Meski badanmu lemah, Allah Bapa P’lihara Orang yang percaya makin teguhlah.

Ketika Tuhan meminta kita untuk mengajarkan perintah Tuhan dengan berulang-ulang, menyanyi adalah merupakan salah satu sarana yang sangat positif dan membawa dampak yang maksimal dalam diri anak-anak. Selain itu dengan bernyanyi, mereka akan lebih mudah menyerap dan menikmati proses pembelajaran yang ada.

Berikut ini adalah tips praktis untuk menanamkan prinsip kebenaran melalui bernyanyi:

1. Pilih lagu yang sesuai dengan pesan yang ingin kita tanamkan.
Apabila kita tidak dapat menemukan lagu yang sesuai, kita dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan nada lagu yang sudah ada.

2. Gunakan bahasa sederhana yang dapat dipahami oleh mereka.
Anak-anak usia balita belum banyak memiliki perbendaharaan kata, sehingga cari lagu dengan kata-kata yang dapat cepat diingat karena mereka mengerti artinya.

3. Nyanyikan lagu berulang-ulang.
Ketika dinyanyikan dengan berulang kali, secara otomatis jika ada nada yang menarik perhatian anak, maka kata-kata yang ada di dalam bagian tersebut pasti akan tertanam dalam memori mereka. Dan satu hari secara tiba-tiba, anak akan menyanyikan lagu tersebut tanpa kita minta. Karena kata-kata dari lagu tersebut mengandung makna dan prinsip hidup yang benar, jangan heran jika anak begitu saja melakukan persis seperti kata yang ada dalam lagu itu.

4. Nyanyikan lagu dengan gerakan sederhana.
Pilih gerakan yang merepresentasikan katakata yang dinyanyikan, maka anak akan lebih mudah memahami makna lagu dan mempercepat mereka dalam mengingatkan pesan yang ada di dalam lagu tersebut.
Manfaat lain adalah menjadikan tubuh bugar karena ada gerakan yang dilakukan.

Leave a Comment

Quiver Center Academy will prepare the next generation of leaders who will take responsibility for repairing the ruins and revealing the destiny of this nation. Therefore, QCA will take on the role as a catalyst to this nation, to bring a new future of prosperity and peace

Subscribe to Our Article

Quiver Center Academy Team © 2021. All rights reserved.

× Informasi lebih lanjut